Halaman

Rabu, 03 Januari 2018

Air Terjun Tegenungan






LOKASI :

Objek wisata air terjun Tegenungan Gianyar juga memiliki nama lain yaitu air terjun Kemenuh, karena berada di desa Kemenuh kabupaten Gianyar. Alamat atau Lokasi dari air terjun Kemenuh, berada di Desa Kemenuh yang merupakan wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Untuk melihat lokasi pasti dan mengetahui jalan menuju air terjun Tegenungan Gianyar, mohon di lihat pada peta di bawah ini!


Dilihat dari peta, maka lokasi air terjun Tegenungan adalah lokasi air terjun yang terdekat dengan Bali Selatan. Sebagian besar air terjun di Bali berlokasi di daerah pengunungan atau daerah yang memiliki dataran tinggi. Tetapi air terjun Tegenungan, satu-satunya yang berada di dataran rendah.


SUASANA WISATA

Ketika anda sampai di lokasi parkir kendaraan, anda akan melihat banyak toko-toko kecil yang menjual sovenir untuk oleh-oleh. Dari area tempat parkir kendaraan, untuk mencapai lokasi air terjun, anda harus berjalan kaki dengan menuruni anak tangga. Dari anak tangga, anda sudah dapat melihat pemandangan air terjun yang di apit oleh pepohonan rindang.

Air terjun Tegenungan, memiliki tinggi kira-kira 4 meter, tapi memiliki debit air yang lumayan banyak. Debit air terjun akan sangat besar pada saat musim hujan, yaitu kisaran bulan Desember sampai Februari. Di dasar air terjun anda akan dapat menemukan area kecil seperti kolam. Air di dalam kolam sangat jernih dan cocok buat anda yang sekedar ingin bermain air atau mandi. Namun saat musim hujan, disarankan anda tidak mencoba mandi, karena debit air sangat besar. Selain dapat melihat pemandangan air terjun, di lokasi air terjun ini, anda juga dapat melihat pura dan pancoran air yang berasal dari mata air alami.



HARGA WISATA

Objek wisata air terjun Tegenungan sebelumnya kurang mendapat perawatan, namun sekarang sudah mulai rapi, tertata dan bersih. Hal ini akan terlihat pada saat anda sudah sampai di tempat parkir kendaraan. Khusus di areal parkir, anda akan melihat adanya warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman.

Dulu saat di tempat ini ada wisata bunjee jumping, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan anak-anak sebesar Rp 2.000. Wisata bunjee jumping saat ini sudah tidak ada lagi di lokasi wisata air terjun Kemenuh. Kemudian tidak ada biaya masuk ke objek wisata air terjun alami Tegenungan. Namun untuk membiayai perawatan tempat wisata, saat ini setiap pengujung akan di kenakan tiket masuk objek wisata. Untuk tiket masuk anda akan dikenakan biaya Rp 15.000 / orang. Dengan adanya biaya tiket masuk, objek wisata air terjun alami Tegenungan mulai terlihat tertata rapi.



LOKASI & HARGA PENGINAPAN

Villa Rini Bali

Jalan Raya Ir. Sutami, Sukawati, Gyanyar, Bali, Indonesia, Gianyar, Indonesia, 8058

mulai dari : Rp 1.512.000



LINK YOUTUBE
https://www.youtube.com/watch?v=qwLs9CV5XVI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar